Minggu, 20 Maret 2011
Pengertian Open Source
Menurut Wikipedia, Open Source adalah sistem pengembangan yang tidak dikoordinasi oleh suatu individu / lembaga pusat, tetapi oleh para pelaku yang bekerja sama dengan memanfaatkan kode sumber (source-code) yang tersebar dan tersedia bebas (biasanya menggunakan fasilitas komunikasi internet). Pola pengembangan ini mengambil model ala bazaar, sehingga pola Open Source ini memiliki ciri bagi komunitasnya yaitu adanya dorongan yang bersumber dari budaya memberi, yang artinya ketika suatu komunitas menggunakan sebuah program Open Source dan telah menerima sebuah manfaat kemudian akan termotivasi untuk menimbulkan sebuah pertanyaan apa yang bisa pengguna berikan balik kepada orang banyak.

Pola Open Source lahir karena kebebasan berkarya, tanpa intervensi berpikir dan mengungkapkan apa yang diinginkan dengan menggunakan pengetahuan dan produk yang cocok. Kebebasan menjadi pertimbangan utama ketika dilepas ke publik. Komunitas yang lain mendapat kebebasan untuk belajar, mengutak-ngatik, merevisi ulang, membenarkan ataupun bahkan menyalahkan, tetapi kebebasan ini juga datang bersama dengan tanggung jawab, bukan bebas tanpa tanggung jawab.

Berikut ini adalah beberapa keuntungan dan kerugian dari software Open Source yaitu sebagai berikut :

Keuntungan Open Source :
  1. Penggunaannya adalah Free Licence
  2. Mencegah software piracy yang melanggar hukum
  3. Perusahaan yang menggunakan Open Source untuk membuat aplikasi yang menunjang bisnisnya akan mengalami penghematan karena dana yang harusnya dialokasikan untuk proyek itu dapat ditekan dan dialihkan untuk pendanaan yang lain.
  4. Penyelamatan Devisa Negara
  5. Dengan menggunakan solusi berbasis Open Source maka dapat dilakukan penghematan devisa Negara secara signifikan. Kemudian dana tersebut dapat dialokasikan ke usaha-usaha untuk kesejahteraan rakyat.
  6. Keamanan Negara / Perusahaan
  7. Di tahun 1982, terjadi ledakan dahsyat di jalur pipa gas Ui Sovyet di Siberia. Kekuatan ledakan tersebut sekitar 3 kiloton, atau 25% dari kekuatan bom nuklir Hiroshima. 16 tahun kemudian baru diketahui oleh publik bahwa ledakan tersebut disebabkan oleh software komputer proprietary / tertutup yang telah diubah oleh CIA. [1] Software Open Source bebas dari bahaya ini, Karena bisa dilakukan audit terhadap kode programnya. [1] http://www.damninteresting.com/?p=829
  8. Keamanan Sistem
  9. Virus, spyware, trojan, dan berbagai masalah keamanan lainnya, sudah akrab dengan banyak pengguna komputer. Pada topik keamanan sistem, satu buah lubang keamanan saja sudah cukup untuk menjadi jalan masuk penjahat. Solusi Open Source tidak saja dapat diketahui secara lebih pasti tingkat keamanannya (dengan proses audit). Namun, di lapangan juga sudah terbukti lebih aman dan lebih cepat muncul revisinya ketika ada ditemukan masalahnya. Penanganannya pun lebih transparan.[1] [1] http://adblockplus.org/blog/firefox-security-the-real-picture
  10. Ekonomis
  11. Walaupun biaya pembuatan CD dan packaging hanya sekitar US$ 5, namun banyak software proprietary yang berharga ratusan atau ribuan US dollar. Laba berbagai perusahaan software proprietary dapat mencapai ratusan persen; terbukti mereka dapat memberikan diskon sampai nyaris 100% ketika terdesak. Software Open Source dihargai secara wajar, biasanya hanya senilai biaya packaging, distribusi, plus sedikit laba untuk penjualnya. Jika customer memiliki akses Internet, maka berbagai software Open Source tinggal diambil saja dari Internet. Bahkan biaya supportnya pun cenderung jauh lebih murah daripada software proprietary. Software Open Source yang komersial bersifat massal dan terbuka, sehingga dengan laba yang sedikit tetap dapat bertahan / lebih sukses daripada kompetitornya yang tertutup
  12. Tidak Disandera Vendor
  13. Pada penggunaan software tertutup, customer terikat pada kemauan vendor. Seringkali customer menjadi tidak berdaya, karena (antara lain) data-datanya telah tersimpan di software dari vendor tersebut, dan tidak bisa dikeluarkan. Customer kemudian terpaksa menuruti apa saja kemauan vendor, agar dapat tetap mengakses datanya. Berbagai solusi Open Source juga menggunakan format data yang terbuka. Karena itu data menjadi transparan, dan bias dengan bebas di proses di sistem komputer yang berbedabeda (interoperabilitas antar sistem / departemen menjadi mungkin), sambil tetap terjaga keamanannya.
  14. Forced Upgrade
  15. Dulu, software komputer seringkali digunakan selama puluhan tahun. Kemudian berbagai vendor software menyadari bahwa profit mereka akan lebih besar jika customer mereka lebih sering membeli versi terbaru software mereka. Pada satu contoh kasus, propinsi Bavaria di Jerman menderita kerugian sampai sebesar 40.000.000 Euro, karena Windows NT4 (yang sebetulnya masih berfungsi dengan baik dan mencukupi kebutuhan mereka) tidak didukung lagi oleh Microsoft, dan mereka harus upgrade ke versi terbarunya.[1] Dengan solusi Open Source, software lama tetap dapat terus dimanfaatkan dan berfungsi dengan baik. [1] http://www.linuxtoday.com/news_story.php3?ltsn=2002-02-06-014-20-NW-MS&reply=0044&quote=1 http://www.annoyances.org/exec/forum/winxp/1117973950?s
  16. Menyuburkan Industry Dalam Negeri
  17. Karena software Open Source bersifat terbuka, maka siapa saja bisa menyediakan jasa layanannya – bukan hanya vendor pembuatnya saja. Lapangan kerja menjadi terbuka banyak dan dapat menghidupi banyak keluarga. Peminat bidang IT juga mendapat akses ke kode program dari berbagai software canggih. Pada gilirannya ini akan sangat membantu untuk menghasilkan pakar-pakar IT Indonesia dengan kualitas dunia. Industri dalam negeri non-IT turut menikmati, karena jadi mendapat akses ke software yang ekonomis dan berkualitas, sehingga kemudian bisa menjadi lebih kompetitif dengan saingan-saingannya dari luar negeri.
  18. Bebas Modifikasi Sesuai Keperluan
  19. User dapat memodifikasi dan mengunci agar hanya kalangan terbatas yang dapat membaca code dan memodifikasinya sesuai dengan kebutuhan pengguna.
  20. Bebas Disebarluaskan
  21. Pada software proprietary, customer harus rutin melakukan inventarisasi softwarenya. Ini tidak mudah untuk dilakukan, sangat memakan waktu, tenaga, dan biaya. Vendor bebas untuk melakukan audit lisensi kapan saja, yang tentu saja mengganggu rutinitas customer. Software Open Source bebas dari ini semua. Customer bebas untuk menggandakan software Open Source atau membuat salinan tak terbatas sebanyak yang diperlukan, menjual atau memberikan bebas hasil lisensi tanpa perlu merasa cemas akan melakukan pembajakan software tanpa disengaja.

Kelemahan Open Source :
  1. Limitasi modifikasi oleh orang – orang tertentu yang membuat atau memodifikasi sebelumnya.
  2. Untuk beberapa platform, contohnya JAVA yang memiliki prinsip satu tulis dan bisa dijalankan dimana saja, akan tetapi ada beberapa hal dari JAVA yang tidak kompetibel dengan platform lainnya. Contohnya J2SE yang SWT – AWT bridgenya belum bisa dijalankan di platformn Mac OS.
  3. Open Source digunakan secara sharing, dapat menimbulkan resiko kurangnya diferensiasi antara satu software dengan yang lain, apabila kebetulan menggunakan beberapa Open Source yang sama.
  4. Support Berbayar dan Langka
  5. Satu keyakinan bahwa software tidak akan ada masalah adalah keliru, dan ini adalah sebuah bencana jika kita sudah memakai program opensource untuk semua infrastruktur yang besar, dan ketika itu menemukan hole atau bug yang tidak ada yang paham. Maka langkah yang mungkin ditempuh adalah : searching problem solving di forum-forum, tanya sana sini. Jika tidak ketemu juga, kita bisa-bisa harus menganggarkan dana yang tidak sedikit untuk mendatangkan jasa konsultan dari pakar open source tersebut. Karena sebenarnya Open Source adalah sebuah modem bisnis yang berbeda dari software berbayar di awal dan dibatasi sebuah aturan lisensi. Mungkin untuk skala kecil, anda tidak akan merasakan impack yang diakibatkan. Namun jika sudah melibatkan sistem yang sudah ada, data-data penting, kadang-kadang manajemen biasanya tidak akan ambil pusing, mending mencari yang berbayar sedikit mahal diawal, tetapi ada jaminan support dan problem solving yang akuntabel dari vendor. Dari pada mengorbankan data-data dan infrastruktur yang sudah terinstall hanya karena berorientasi penghematan dana di awal.
  6. Versi Betha, Stabil dan Unstabil
  7. Open source sangat erat kaitannya dengan versi dan kestabilan kualitas softwarenya, ini merupakan celah besar yang ditinggalkan baik disengaja atau tidak disengaja. Kepastian stabil dan tidak stabil kadang menjadi keraguan pilihan para petinggi IT untuk memilih software opensource. Bayangkan saja, versi software yang terinstall di server anda statusnya masih unstable, bisa dibayangkan bisa terjadi apa-apa. Dan patch-nya harus menunggu orang yang sukarela membetulkan masalah yang terjadi itu.
  8. Kerja Komunitas bukan profesional
  9. Beberapa software dikembangkan oleh sebuah komunitas yang mempunya tujuan khusus, jaminan dan kepercayaan kualitas produk hasil perlu dicompare dengan produk komersil yang jauh lebih mumpuni dari segala sisi.

Alasan Menggunakan Software Open Source

Nah,,setelah kita melihat keuntungan-keuntungan dari Open Source diatas,, hal itulah yang menjadi alasan bahwa penggunaan Open Source bisa dibilang lebih dianjurkan dan lebih "aman" ketimbang kita menggunakan software yang berlisensi... Karena mengandung prinsip "bebas" yaitu, bebas virus,,bebas lisensi,,,bebas biaya alias gratis,,,bebas modifikasi dan keuntungan-keuntungan lainnya yang telah disebutkan diatas :D:D.


Sumber :
http://www.google.co.id/url?sa=t&source=web&cd=8&ved=0CEwQFjAH&url=http%3A%2F%2Fshiroihana.blog.binusian.org%2Ffiles%2F2009%2F05%2Ftugas-team01.doc&rct=j&q=kerugian%20open%20source&ei=sfiFTcPJOIKecM6c1J4D&usg=AFQjCNFvojpb3J085OIX3Aq7LFwFyBt87w&cad=rja
http://harry.sufehmi.com/wp-content/uploads/2007/05/Sekilas%20Open%20Source.pdf
http://id.wikipedia.org/wiki/Sumber_terbuka

0 comments:

Posting Komentar

PLEaSE eNJOy mY BLog,,,

ABoUt mE

Foto Saya
uchie_kawaii
tAlk Less Do MoRE,,
Lihat profil lengkapku

foLLoWErS

ngE-ShOut ciN...


ShoutMix chat widget