Rabu, 05 Mei 2010
Apakah ada hubungan antara soft skills dengan perilaku korupsi ??

Kita lihat dari pengertian softskills dan korupsi itu sendiri :

Menurut wikipedia softskills adalah sebuah istilah dalam sosiologi tentang EQ (Emotional Intelligence Quotient) seseorang, yang dapat dikatagorikan / klusterkan menjadi kehidupan sosial, komunikasi, bertutur bahasa, kebiasan, keramahan, optimasi.

Contoh softskills yaitu, kejujuran, tanggung jawab, berlaku adil, kemampuan bekerja sama, kemampuan beradaptasi, toleran, hormat terhadap sesama, kemampuan mengambil keputusan, kemampuan memecahkan masalah, dsb.

Dari sedikit contoh-contoh softskills diatas, perilaku korupsi tidak ada cerminan softskills sama sekali. Karena secara harfiah, korupsi adalah perilaku pejabat publik, baik politikus / politisi maupun pegawai negeri, yang secara tidak wajar dan tidak legal memperkaya diri atau memperkaya mereka yang dekat dengannya, dengan menyalahgunakan kekuasaan publik yang dipercayakan kepada mereka.

Jadi dapat disimpulkan bahwa seorang koruptor merupakan orang yang tidak memiliki softskills sama sekali. Karena seseorang dengan softskills yang tinggi pasti tidak akan berperilaku tidak jujur, tidak bertanggung jawab, dan hanya mementingkan kepentingan pribadi.

Referensi :
http://en.wikipedia.org/wiki/Soft_skills
http://id.wikipedia.org/wiki/Korupsi
http://iwayan.staff.gunadarma.ac.id

0 comments:

Posting Komentar

PLEaSE eNJOy mY BLog,,,

ABoUt mE

Foto Saya
uchie_kawaii
tAlk Less Do MoRE,,
Lihat profil lengkapku

foLLoWErS

ngE-ShOut ciN...


ShoutMix chat widget