Rabu, 16 Juni 2010
1. Cerita Tentang Aktivitas Saya diluar Kegiatan Reguler


Banyak cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan softskill kita. Selain dengan terus menjalankan kegiatan reguler kita sehari-hari, salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan softskill yaitu dengan mengikuti kegiatan-kegiatan non reguler.

Sebagai mahasiswi jurusan Sistem Informasi di Universitas Gunadarma, sudah pasti aktivitas reguler yang saya lakukan setiap hari adalah kuliah. Selain aktivitas kuliah, saya juga bekerja sebagai asisten Laboratorium Sistem Informasi di Universitas Gunadarma. Saya sudah 1 tahun bekerja menjadi asisten, meskipun lelah karena harus membagi waktu antara kuliah dan mengajar di Laboratorium Sistem Informasi Universitas Gunadarma, tetapi saya mendapat banyak pengalaman, bekal pembelajaran, dan tentu saja banyak mendapat teman baru.

Segudang pengalaman saya dapatkan disini. Pengalaman yang paling menarik tentu saja pengalaman mengajar pada saat praktikum. Saya adalah tipe orang pendiam, ini tentu saja merupakan hal baru dan tantangan bagi saya untuk belajar berani bicara di depan umum dan belajar cara menyampaikan materi pelajaran dengan baik agar dapat dimengerti dan dipahami dengan baik oleh para praktikan.

Seiring waktu berjalan saya pun akhirnya mulai terbiasa untuk berbicara di depan umum dan terbiasa menghadapi berbagai karakteristik dari praktikan.

Tidak hanya itu saja, saya juga harus menyesuaikan diri untuk membagi waktu antara kuliah, bekerja sebagai asisten dan waktu untuk belajar dan mengerjakan tugas kuliah. Serta saya pun juga harus beradaptasi dengan lingkukan di Lab, mengenal karakteristik dari sesama asisten dan memahami segala kekurangan dan kelebihan yang dimiliki masing-masing.

Rasa lelah dan bosan pasti ada tapi semua itu tidak ada bandingannya jika dilihat dari berbagai pengalaman luar biasa yang saya dapat dalam bekerja sebagai asisten lab. Dan segala pengalaman itu, terus selalu saya jadikan bekal pembelajaran untuk menghadapi masa depan nanti.

2. Pendapat Sahabat Tentang Kelebihan dan Kekurangan Saya

Berbagai pendapat, saya dapat dari para sahabat mengenai kelebihan dan kekurangan saya.

Pendapat mereka tentang kelebihan yang dimiliki oleh saya yaitu,

Alhamdulillah menurut mereka saya adalah orang yang baik, pengertian, penyabar, pintar dan rajin, enak diajak untuk sharing (berbagi cerita), dewasa dan bijaksana dalam menyikapi sesuatu.

Ada kelebihan pasti ada kekurangan, karena tidak ada manusia yang sempurna. Dan pendapat para sahabat saya mengenai kekurangan saya yaitu,

Saya orang yang egois, gampang marah, suka menyimpan perasaan sendiri, dan kadang-kadang suka krisis kepercayaan diri.

Saya tidak marah dengan pendapat mereka malah semua pendapat mereka saya terima dan saya anggap sebagai rasa sayang mereka agar saya dapat menjadi pribadi yang baik.

Semoga pendapat-pendapat dari para sahabat saya ini dapat terus memotivasi saya untuk terus menjadi orang yang lebih baik tidak hanya untuk diri sendiri saja tetapi untuk masyarakat dan juga untuk bangsa dan negara.

3. Seberapa Baik Saya Dalam Mengelola Waktu


Untuk mengelola waktu, saya dapat diberi nilai 85 untuk urusan yang satu ini. Karena jarak rumah saya yang jauh dari kampus serta selain kuliah saya juga bekerja sebagai asisten laboratorium, pengelolaan waktu menjadi hal yang sangat penting sekali.

Saya harus bisa mengatur waktu agar saya dapat sampai di kampus tepat waktu, saya juga harus pintar-pintar membagi waktu antara kuliah dan bekerja sebagai asisten agar kedua-duanya dapat berjalan secara seimbang tidak berat sebelah. Kuliah lancar, pekerjaan pun juga beres.

Saat kuliah, saya sangat memanfaatkan waktu tersebut untuk belajar dan menyerap pelajaran-pelajaran baru yang diberikan oleh dosen. Pada saat bekerja, saya bekerja dengan baik sebagaimana mestinya. Untuk mengerjakan tugas, biasanya saya mengerjakannya pada saat libur atau setelah pulang kuliah.

Jadi pengelolaan waktu merupakan hal yang penting dan perlu mendapat perhatian agar kehidupan kita pun menjadi seimbang dan disiplin.

4. Bagaimana Reaksi Saya Apabila Mendapat Kritikan Dari Teman

Reaksi saya apabila mendapat kritikan dari teman yaitu, saya akan mengucapkan terima kasih kepadanya atas kritikan dan perhatiannya. Dan menampung kritikan tersebut untuk selanjutnya akan saya gunakan untuk perbaikan dan menjadi motivasi saya untuk terus belajar dan belajar.

Tetapi saya juga tidak asal sembarang untuk menerima kritikan dan langsung melakukan perubahan, saya juga harus bisa memilah dan memilih mana kritikan yang baik yang dapat saya jadikan perbaikan untuk kebaikan saya.

Untuk kritikan yang menurut saya tidak sejalan dengan prinsip dan pemikiran saya, saya tetap akan menerima kritikannya dan saya anggap sebagai rasa sayang dan perhatian dari teman.

Saya akan menerima dan menghargai semua pendapat teman-teman tentang saya.

5. Bagaimana Cara Saya Dalam Mengkritik Orang

Pertama, saya akan melihat orangnya terlebih dahulu, bagaimana sifat dan karakteristiknya. Dari itu saya baru dapat menentukan bagaimana cara yang baik untuk mengkritiknya. Apakah dengan cara halus atau cara yang agak keras.

Untuk orang yang lembut dan agak sensitif lebih baik menggunakan pendekatan secara halus. Saya akan mengkritiknya dengan menggunakan kata-kata yang baik.

Untuk orang yang agak keras kepala dan agak susah untuk diatur, saya akan akan langsung mengkritiknya terbuka tanpa basa-basi. Meskipun kita juga harus tetap menghormatinya dan menghargai perasaanya.

Sumber Gambar :
ramdaniekaputra.blogspot.com
fadillahcinta.wordpress.com

0 comments:

Posting Komentar

PLEaSE eNJOy mY BLog,,,

ABoUt mE

Foto Saya
uchie_kawaii
tAlk Less Do MoRE,,
Lihat profil lengkapku

foLLoWErS

ngE-ShOut ciN...


ShoutMix chat widget