Jumat, 26 Februari 2010
Tanggal 31 Agustus 2009 adalah hari pertama aku mengikuti kursus “Pengenalan Oracle dan PL/SQL” di Universitas Gunadarma. Awalnya, aku mengikuti kursus ini, hanya untuk memenuhi syarat penyusunan skripsi saja. Bahkan sejujurnya, aku tidak berminat untuk mengikuti kursus ini sama sekali karena sebenarnya aku lebih berminat untuk mengikuti kursus “Pengenalan Program Java”. Bukan berarti juga aku adalah orang yang mahir dalam membuat coding-coding pemrograman. Tapi, karena program Java merupakan program yang sedang “popular” pada saat ini. Jadi, timbullah rasa keingin-tahuan yang tinggi untuk mengetahui program tersebut.

Namun, dengan alasan adanya waktu dan kesempatan untuk mengikuti kursus Oracle lebih besar bila dibandingkan dengan kursus Java, serta kebetulan teman-temanku banyak pula yang mengikuti kursus tersebut sehingga akhirnya aku menelan keinginanku untuk mengikuti kursus Java dan memutuskan untuk mengikuti kursus Oracle bersama mereka. Tetapi, dibalik semua cerita itu, sebenarnya hari itu juga merupakan hari yang memudahkan langkahku menuju PI (Penulisan Ilmiah).

Pada hari itu, pertama kalinya aku “berkenalan” dengan program yang bernama Oracle. Aku memang sudah tertarik pada database sejak semester 2 kemarin, kukira kursus ini akan berjalan mudah. Namun, perkiraan aku ternyata salah, Oracle sangat sulit untuk dimengerti. Hari pertama saja, aku sudah merasa kesulitan bagaimana dengan hari-hari esok?. Memang waktu kursus itu, bertepatan dengan bulan Ramadhan. Jadi, dengan kondisi yang sedang berpuasa ditambah dengan materi dan waktu kursus yang sangat padat. Wajar rasanya apabila kursus ini terasa agak sulit.

Hari demi hari-pun berlalu, kujalani kursus ini dengan segala usaha dan upaya agar dapat mengikuti kursus ini dengan baik. Waktu terus berjalan, semakin lama semakin mendekati hari ujian. Akhirnya, sampailah pada h-1 ujian. Aku panik dan kebingungan karena hampir menjelang hari ujian, aku masih tetap belum mengerti materi apapun sama sekali.

Akhirnya, pada malam sebelum hari ujian. Aku berusaha untuk mengulang-ngulang materi kursus yang diberikan. Memahami berbagai latihan soal yang telah diberikan.

Kemudian tibalah juga hari yang ditunggu-tunggu, hari ujian. Bersusah payah belajar dimalam sebelumnya ternyata membuahkan hasil. Alhamdulillah aku telah mempersiapkan diriku dengan baik dan siap dalam menghadapi ujian. Dan hasilnya adalah aku berhasil lulus.

Jadi, dari kursus itulah aku mengenal dan mulai menyukai Oracle. Ditambah adanya mata kuliah SQL di semester 5 kemarin, membuat diriku semakin tertarik dan menyukai untuk belajar database. Oleh karena itu, pada Penulisan Ilmiah nanti, aku tertarik untuk mengangkat tema yang berkaitan dengan database.

0 comments:

Posting Komentar

PLEaSE eNJOy mY BLog,,,

ABoUt mE

Foto Saya
uchie_kawaii
tAlk Less Do MoRE,,
Lihat profil lengkapku

foLLoWErS

ngE-ShOut ciN...


ShoutMix chat widget